Lomba Blog Buruh Migrant bersama Melanie Subono

Lomba Blog Buruh Migrant bersama Melanie Subono

Penghasilan yang kurang memuaskan dan Kesejahteraan yang hanya sebatasnya saja menyebabkan sebagian warga negara indonesia memilih untuk bekerja ke luar negri. Hal ini dibuktikan dari fakta-fakta yang terjadi terhadap buruh migran bangsa ini yang menginginkan penghasilan tinggi dan kesejahteraan terjamin.www.galihid.wordpress.com

Sebenarnya menjadi buruh migran sah-sah saja tidak ada salahnya, asalkan melalui agency resmi yang terdaftar di BNP2TKI agar buruh migran yang bekerja di luar negri terpantau oleh BNP2TKI. Akan tetapi sejumlah kisah pilu yang menimpa para buruh migran negara kita sangatlah banyak adapun kisah tersebut dikarenakan para buruh migran ini berangkat ke negara tujuannya tidak melalui jalur resmi alias illegal. Inilah yang menimbulkan berbagai masalah pada buruh migran bangsa ini.

KISAH PARA BURUH MIGRAN INDONESIA

Mulai dari kisah Tini buruh migran asal Cianjur Jawa Barat yang bekerja di Malaysia. Buruh migran ini diberangkatkan oleh salah satu calo yang ada di daerahnya. Tini berangkat ke negri jiran dengan cara ilegal tidak memiliki passport dan izin tinggal disana. Hal ini sangatlah disayangkan yang mana akan berdampak buruk bagi dirinya dan pihak BNP2TKI tidak bisa melindungi buruh migran yang berangkat ke luar negri secara ilegal. Lain halnya dengan Sumiati buruh migran asal Nusa Tenggara Barat yang bekerja di Arab Saudi dan disiksa oleh majikannya sendiri sekitar pertengahan pada 2010.

Banyaknya warga negara indonesia di luar negri maka pemerintah indonesia memberikan perhatian khusus kepada warga negara indonesia yang akan berangkat menjadi buruh migran di luar negri. Pemerintah Indonesia berupaya mengadakan pelatihan-pelatihan untuk buruh migran agar mempunyai bekal khusus agar dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Salah satu pelatihan yang pernah saya ikuti yaitu berupa pelatihan bahasa korea yang diadakan oleh Disnakertrans Jawa Barat di Kota Bandung selama 11 hari. Pelatihan ini bertujuan untuk para warga Jawa Barat yang ingin bekerja di Negara Korea dengan mempelajari bahasanya untuk persiapan Tes Bahasa Korea yang lebih dikenal dengan EPS-TOPIK. Karena syarat mutlak untuk bisa bekerja di Korea yaitu lulus Tes Bahasa EPS-TOPIK dengan hasil yang memuaskan.

Untuk menjadi buruh migran di jepang pemerintah bekerja sama dengan pihak jepang mengadakan pelatihan dan seleksi para kenshusei atau calon peserta magang untuk penempatan diberbagai wilayah di Jepang. Yaitu pemagangan.com merupakan situs web pemerintah yang menginformasikan tentang seleksi peserta magang jepang dengan tahapan yang ketat agar terpilih seorang kenshusei yang handal dan siap kerja. Oleh karena itu sebaiknya sebelum mengikuti seleksi di pemagangan.com peserta magang jepang harus memiliki kemampuan berbahasa jepang baik tulis dan lisan. Tidak lupa juga bagi peserta magang jepang untuk berlatih fisik; seperti push up, sit up, lari dan Medical check up.

Jadi menurut saya ada beberapa hal penting untuk sebelum bekerja di luar negri :

  • Menguasai Bahasa (Minimal bahasa inggris)
  • Mampu bekerja secara maksimal
  • Mempunyai wawasan global
  • Memiliki kesehatan yang baik

Adapun Untuk bekerja ke luar negri kualitas skill individu haruslah diperhatikan mengenai softskill dan hardskill, Karena ini menjadi modal berharga bagi buruh migran untuk mendapatkan kesuksesan menjadi seorang buruh migran. Semoga tulisan di blog ini menjadi tulisan yang bermanfaat untuk Lomba blog buruh Migrant bersama Melanie Subono.

Tulisan Ini Diikutsertakan Lomba Blog Buruh Migrant Indonesia Bersama Melanie Subono

Advertisements

2 thoughts on “Lomba Blog Buruh Migrant bersama Melanie Subono”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s