Cara membuat yogurt rumahan sendiri

Cara membuat yogurt atau yogurth – Yogurt sebuah minuman yang enak, segar dan menyehatkan memang saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan mulai anaka-anak dan dewasa karena memiliki manfaat yang baik. Saat ini untuk mendapatkan minuman yogurt relatif mudah banyak toko-toko dan pasar swalayan yang menjual produk yogurt dengan aneka rasa yang nikmat seperti rasa Strawberry, Anggur, Melon, Mangga dan aneka rasa lainnya.

Seiring dengan banyaknya yogurt yang ada di pasaran tentunya harga yogurt akan semakin terjangkau tapi bagi anda yang ingin membuat yogurt sendiri di rumah maka anda dapat mengikuti tata cara membuat yogurt berikut ini :

Alat dan Bahan

  • 1 Liter susu murni
  • Yogurt plain atau biang yogurt
  • Panci
  • wajan
  • Kompor

Cara Pembuatan Yogurt

  1. Tuangkan susu kedalam panci kemudian taruh diatas kompor dan panaskan dengan api yang kecil sambil diaduk hingga susu berasap, Pastikan jangan sampai mendidih atau hangus. Hal tersebut bertujuan agar susu menjadi padat.
  2. Setelah anda rasa cukup, angkat susu dalam panci tersebut lalu dinginkan di dalam wajan yang berisi air hingga temperatur susu 43° Celcius.
  3. Tuanglah yogurt plain dalam panci kemudian aduk secara perlahan hingga merata.
  4. Pindahkan susu tersebut didalam wajan yang bersih lalu tutup rapat dengan plastik hal ini bertujuan agar proses inkubasi berjalan dengan baik.
  5. Pada saat proses inkubasi biarkan cairan yogurt  agar bakteri dapat berkembang dengan baik selama 7 jam agar tingkat keasamanpun tinggi dan teksturnya kental.
  6. Setelah proses inkubasi selesai, segera dinginkan yogurt dalam freezer sampai beku agar dapat tahan terhadap kadaluarsa.
  7. Yogurt atau yogurth siap dinikmati, Tambahkan hidangan buah-buahan segar untuk menambah cita rasa.

Demikian artikel cara membuat yogurt rumahan sendiri, Sangat mudah bukan.. Ayo dicoba untuk membuatnya dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca artikel lainnya mengenai yogurt dibawah ini :

Mengapa anda harus minum Yogurt?

5 Manfaat Yogurt Bagi KesehatanTubuh

Leave a comment